E-fund adalah alat pembayaran elektronic yang dipergunakan dalam program ERP. Fungsinya sama seperti voucher atau kupon yang sering kali dipergunakan di bazar-bazar, di mana alat pembayar uang tunai sementara digantikan dengan voucher atau kupon tersebut. E-fund mempunyai kurs yang sama dengan Rupiah, artinya 1 E-fund sama dengan 1 Rupiah, dan kursnya selalu akan seperti itu. E-fund dibagi menjadi dua macam, E-fund Deposit dan E-fund Tunai /Cash.

E-fund Deposit tidak dapat ditukar menjadi uang tunai, E-fund Deposit hanya bisa dibelanjakan. Semua anggota ERP wajib membeli E-fund Deposit setiap bulannya (sesuai ketentuan yang berlaku) untuk memperpanjang keanggotaannya. E-fund Deposit yang belum sempat dibelanjakan di bulan berjalan akan ditambahkan ke saldo bulan depan, tetapi setiap anggota ERP wajib menukarkan uang tunai atau E-fund Tunai/Cash menjadi E-fund Deposit untuk memperpanjang keanggotaannya.

E-fund Tunai/Cash fungsinya setara seperti uang tunai maka dari itu E-fund Tunai/Cash dapat ditukarkan menjadi uang Tunai. Anggota ERP akan dibayar menggunakan E-fund Tunai/Cash. Walaupun pembeli membayar dengan E-fund Deposit, E-fund tersebut akan secara otomatis berubah menjadi E-fund Tunai/Cash, sehingga pedagang atau anggota yang menerima komisi dapat menukarkannya dengan uang tunai.

Fungsi utama E-fund adalah untuk merubah semua transaksi pembayaran yang dilakukan menggunakan uang tunai menjadi transaksi berupa data. Komputer ERP tidak dapat mengolah transaksi dengan menggunakan uang tunai, maka kita mengubahnya menjadi data elektronik yang disebut E-fund (singkatan dari Elektronic Fund atau Dana Elektronik), agar komputer dapat mengolah semua transaksi dalam program ERP. Dengan bantuan komputer maka semua data transaksi di ERP akan diproses dengan tingkat akurasi yang sangat baik. Semua pembayaran, komisi, keuntungan, pembelian dan penerimaan akan terdistribusi dalam waktu yang relative singkat serta terbagi kepada setiap anggota yang berhak menerimanya. Semuanya terjadi tanpa campur tangan manusia sehingga memperkecil kemungkinan kesalahan dalam administrasi, dan yang lebih penting, tidak dapat dikorupsi atau dimanipulasi.

Dengan system E-fund semua berjalan lebih lancar dan bebas manipulasi serta bebas korupsi.


© Copyright © 2013. All rights reserved